Cari di blog ini

Senin, 17 September 2012

SEJARAH KEPERAWATAN DIDUNIA



SEJARAH KEPERAWATAN DIDUNIA

A.    Sejarah Perkembangan Keperawatan di Dunia
Diawali dengan sejak manusia itu di ciptakan dimana pada dasarnya manusia diciptakan telah memiliki naluri untuk merawat diri sendiri sebagaimana tercermin pada seorang ibu. Seorang perawat harus memiliki naluri ke ibuan ( mother instinct ) . Kemudian bergeser ke zaman purba dimana pada zaman ini orang masih percaya pada sesuatu tentang adanya kekuatan mistis yang dapat mempengaruhi kehidupan manusia , kepercayaan ini di kenal dengan nama animisme , dimana seseorang yang sakit dapat di sebabkan karena kekuatan alam atau pengaruh kekuatan gaib , sehingga timbul keyakinan bahwa jiwa yang jahat akan dapat menimbulkan kesakitan , sedangkan jiwa yang sehat dapat menimbulkan kesehatan atau kesejahteraan . Pada saat itu peran peran perawat sebagai ibu yang merawat keluarganya yang sakit dengan perawatan fisik serta mengobati penyakit dengan menghilangkan pengaruh jahat .
Kemudian dilanjutkan dengan kepercayaan pada dewa-dewa dimana pada masa itu penyakit dianggap disebabkan karena kemarahan dewa-dewa , sehingga kuil-kuil didirikan sebagai tempat pemujaan dan orang meminta kesembuhan dikuil tersebut dengan bantuan priest physican.
Setelah itu perkembangan keperawatan terus berubah dengan adanya diakones dan philantrop yang merupakan suatu kelompok wanita tua dan janda dan wanita tua yang membantu pendeta dalam merawat orang sakit serta kelompok kasih sayang yang anggotanya menjauhkan diri dari keramaian dunia dan hidupnya ditunjukan pada perawatan dah akhirnya mulailah awal perkembangan ilmu keperawatan .
Zaman Keagamaan
            Perkembangan inni mulai bergeser kearah spiritual dimana seorang yang sakit dapat disebabkan karena adanya dosa atau kutukan Tuhan. Dan pada masa ini pusat perawatan adalah  tempat-tempat ibadah dan sehingga pada saat itu pemimpin agama disebut tabib.
       Zaman Masehi
            Keperawatan dimulai pada saat perkembangan agama Nasrani dimana pada saat itu banyak membentuk diakones ( deaconesses ) , sustu orgsnisasi wanita yang bertujuan untuk mengunjungi orang sakit sedangkan laki-laki diberi tugas dalam memberikan perawatan untuk mengubur bagi yang meninggal.

      Zaman Permulaan Abad 21
            Pada abad ini perkembangan keperawatan berubah , tidak dikaitkan dengan factor dengan faktor agama akan tetapi berubah kepada faktor kekuasaan , mengingat pada masa itu adalah masa perang dan terjadi eksplorasi alam sehingga pesatlah perkembangan pengetahuan.
     Zaman Sebelum Perang Dunia ke II
            Tumbuh rasa cinta sesama manusia , saling membantu sesama yang membutuhkan . Pada masa ini tokoh keperawatan Florence Nightingale ( 1820-1910 ) menyadari pentingnya suatu sekolah untuk mendidik para perawat. Florence  punya pandangan bahwa dalam mengembangkan keperawatan perlu disiapkan pendidikan bagi perawat, ketentuan jam kerja perawat dan mempertimbangkan pendapat perawat. Usaha Florence menetapkan struktur dasar di pendidikan perawat. Florence dalam merintis profesi keperawatan diawali dengan mendirikan sebuah rumah sakit dengan nama rumah sakit Thomas di London dan juga mendirikan sekolah keperawatan dengan nama Nightingale Nursing School.
      Masa Selama Perang Dunia Ke II
            Selama perang ini , timbul tekanan bagi dunia pengetahuan dalam penerapan teknologi akibat penderitaan yang panjang.

     Masa Pasca Perang Perang Dunia ke II
            Diawali adanya kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan. Pertambahan penduduk yang relatif tinggi sehingga menimbulkan masalah baru. Perkembangan perawat dimulai adanya sifat pekerjaan  yang semula bersifat individu mulai bergeser ke tim.
    Periode Tahun 1950
Pada tahun itu keperawatan sudah menunjukan perkembangan khususnya.

B.       Sejarah Keperawatan di Indonesia
Perkembangan keperawatan di Indonesia banyak di pengaruhi oleh kolonial penjajah diantararanya Belanda , Jepang dan Inggris. Di Indonesia perkembangan keperawatan di bagi menjadi dua yaitu :
1.      Masa sebelum Kemerdekaan ( masih dijajah Belanda )
Perawat berasal dari Indonesia disebut Veplege , dengan dibantu Zieken Appaser sebagai penjaga orang sakit . perawat tersebut pertama kali kerja di rumah sakit Binnen Hospital di Jakarta  Pada tahun 1799 . Kemudian pada masa penjajahan Inggris yaitu Rafless , mereka memperhatikan kesehatan rakyaut dengan moto Kesehatan adalah milik manusia . Beberapa rumah sakit di bangun di Jakarta ( 1819 ) . Didirika rumah sakit Stadverband , dan pada tahun 1919 rumah sakit tersbut pindah ke Salemba dan sekarang dikenal dengan nama RSCM. Pada tahun 1942-1945 terjadi kekalahan sekutu dan kedatangan tentara jepang. Perkembangan keperawatan mengalami kemunduran.

2.      Masa setelah kemerdekaan
Pada tahun 1949 banyak didirikan serta balai pengobatan dan dalam rangka memenuhi tenaga kesehatan , tahun 1952 sekolah perawat . Dan pada tahun 1962 dibuka pendidikan keperawatan setara dengan diploma. Pada tahun 1962 untuk pertama kalinya dibuka pendidikan keperawatan setara dengan Sarjana yang dilaksanakan di UI ( Universitas Indonesia ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar