Cari di blog ini

Selasa, 10 Februari 2015

ANALISA PROSES INTERAKSI (API) PADA PASIEN PERILAKU KEKERASAN



ANALISA PROSES INTERAKSI


Initial klien               : Ny.I
Umur                        : 38 tahun
Status Interaksi ke   : Ke-1 (satu)   
Lingkungan              : Di kamar pasien kamar 2. Ruang Shinta, duduk berhadapan suasana tenang
Beberapa klien lain duduk di tempat tidurnya masing-masing
Deskripsi Klien        : Klien mengenakan pakaian bangsal  warna biru, rambut diikat rapi,
Tujuan Interaksi       : Klien mampu membina hubungan saling percaya
Tgl/Jam                     : 19 Januari  jam 09.00 WIB
Ruang                       : Ruang 22 (R Shinta)


KOMUNIKASI VERBAL

KOMUNUKASI NON VERBAL

ANALISA BERPUSAT PADA PERAWAT

ANALISA BERPUSAT PADA KLIEN

RASIONAL
P : Selamat pagi, mbak.”
P :
Tersenyum dan menatap klien yang sedang duduk di ruang tamu

K :
Menoleh dan tersenyum pada perawat

Mengharap klien mau mengawali perkenalan dengan perawat





Klien menyadari kehadiran perawat  

Dengan mengucapkan salam diharapkan klien mau berkenalan dengan perawat

K : Pagi.
K :
Klien menjawab salam



P :
Menatap klien dengan tersenyum







Perawat menghargai klien
Klien mengawali percakapan dengan membalas salam perawat
Klien mau menjawab salam perawat menunjukkan klien mau mengawali pembicaraan dengan perawat.

P : Perkenalkan nama saya Petrus mahasiswa dari stikes Bethesda yang akan prakte disini selama 1 minggu, saya senang dipanggil Petrus. Saya yang akan merawat mbak selama di rumah sakit ini Nama Mbak siapa?

P :
Sambil menatap klien dan tersenyum  mengulurkan tangan untuk berjabat tangan

K :
Klien mengulurkan tangan sebagai wujud balasan terhadap ajakan perawat

Melakukan pendekatan secara fisik untuk membangkitkan keakraban dalam interaksi





Klien mau memulai perkenalan dengan perawat


Dengan memperkenalkan diri pada klien diharapkan klien mau berkenalan dengan perawat
K : Ny. I
K :
Klien menatap perawat dan melepaskan jabatan tangan

P :
Perawat menatap klien sambil tersenyum  dan mendengarkan dengan kesungguhan





Menatap klien untuk tetap mempertahankan komunikasi dan meyakinkan klien bahwa perawat ingin membantu

Klien mau menerima perkenalan perawat 
Klien membuka diri untuk berkenalan atau klien mulai menerima hubungan dengan perawat 
P : Mbak senang dipanggil dengan nama apa?

P :
Menatap klien kemudian  tersenyum

K :
Diam, menatap perawat


Memberikan perasaan nyaman pada klien




Memperhatikan pertanyaan perawat
Dengan menanyakan panggilan kesukaan klien diharapkan klien akan merasa dihargai oleh perawat
K : saya senang di panggil I
K :
Klien menatap perawat dan menyebutkan namanya dengan senang

P :
Mendengarkan jawaban klien




Klien mau membina hubungan saling percaya dengan perawat



Dengan mendengarkan klien akan mempertahankan hubungan yang sudah terbina
Klien percaya dengan perawat dengan mau menyebutkan panggilan kesenangan.
P : Bagaimana perasaan mbak I hari ini ?
P :
Menatap mata klien dengan tersenyum
K :
Melihat perawat sambil menata duduknya

Menunjukkan perhatian pada klien



Menunjukkan adanya perhatian terhadap pertanyaan yang diajukan oleh perawat
Memberikan kesempatan pada klien untuk mengungkapkan perasaannya sehingga klien akan merasa diperhatikan oleh perawat
K : Baik.
K :
Menatap perawat

P :
Menatap klien sambil mengangukkan kepala




Menunjukkan perhatian pada klien
Klien mau mengungkapkan perasaannya pada perawat
Klien mau mengungkapkan perasaannya pada perawat
P : Bagaimana kalau sekarang kita berbincang-bincang untuk lebih saling mengenal.
P :
Menatap klien

K :
Menatap perawat

Meminta persetujuan klien



Memperhatikan pertanyaan perawat
Memberikan kesempatan pada klien untuk memutuskan tindakan
K : Boleh

K :
Klien menatap perawat dan menganggukkan kepala

P :
Menatap klien, menunggu jawaban klien




Meyakinkan klien bahwa keputusan klien diharapkan oleh perawat

Klien memberikan persetujuan pada perawat


Pernyataan persetujuan dari klien akan memudahkan klien dan perawat untuk lebih saling mengenal
P :
Berapa lama kita akan berbincang-bincang. Bagaimana kalau 15 menit? Dimana tempat yang menurut mbak cocok? Bagaimana kalau diruang tamu? Setuju ?
P :
Menatap klien sambil tangan menunjuk ruang tamu

K :
Melihat ke arah yang ditunjuk oleh perawat kemudian menatap perawat lagi

Menunjukkan tempat yang akan digunakan untuk berbincang-bincang




Menunjukkan perhatian pada perawat
Dengan meminta persetujuan klien untuk memilih tempat akan membuat klien merasa nyaman dan lebih leluasa dalam berinteraksi dengan perawat
K : Ya
K :
Klien berjalan kearah ruang tamu

P :
Membimbing klien dan mengikuti klien kearah ruang tamu





Mendampingi klien selama interaksi

Menunjukkan kesediaan berinteraksi dengan perawat dan menerima keberadaan perawat
Dengan tanggapan yang baik dari klien menunjukkan klien percaya dengan perawat
P : Kalau boleh saya tahu mbak I rumahnya mana? Dan Mengapa Mbak I sampai dibawa  kemari
P :
Menatap klien dan tersenyum

K :
Menatap perawat dan sambil membetulkan tempat duduk
Menunjukkan perhatian pada klien



Memperhatikan pertanyaan perawat
Dengan menanyakan penyebab klien dibawa ke rumah sakit akan membantu perawat dalam merawat klien
K : Saya jengkel di jauhin mertua saya, lalu saya marah-marah
K :
Menatap perawat

P :
Mendengarkan penjelasan klien



Menunjukkan perhatian pada klien
Menunjukkan keterbukaan pada perawat
Jawaban klien menunjukkan bahwa klien merasakan kalau keadaannya perlu perawatan di rumah sakit
P : Apakah Mbak I tahu sekarang berada dimana? Siapa yang membawa Mbak I kemari? Dan sejak kapan Mak I disini ?
P :
Menatap klien

K :
Melihat sekeliling kemudian menatap perawat lagi

Mempertahankan kontak dengan klien



Klien memastikan keberadaannya
Mengarahkan klien terhadap orientasi tempat dan waktu
K :
Di rumah sakit. suami saya  yang membawa, bapak dan ibu. Hari Jumat abis magrib bilangnya mau di periksain dokter
K :
Klien menjawab sambil menatap perawat dan tampak mengingat sesuatu

P :
Mendengarkan jawaban klien dan menganggukkan kepala







Menunjukkan perhatian pada klien
Klien beusaha mengingat peristiwa yang dialaminya
Klien orientasi terhadap tempat, waktu
P :
Saya senang sekali Mbak I mau berkenalan dengan saya. Bagaimana perasaan Mbak I setelah kita berbincang-bincang selama kurang lebih 15 menit
P :
Menatap klien dan tersenyum pada klien sambil melihat jam



K :
Mendengarkan ucapan perawat, menatap perawat

Menunjukkan rasa senang setelah berinteraksi dengan klien dan meyakinkan bahwa waktu yang telah disepakati telah berakhir








Menunjukkan perhatian pada perawat
Mengetahui perasaan klien setelah berbincang-bincang membantu perawat untuk mengadakan kontrak selanjutnya dengan klien
K :
Senang , dan lega bisa berbincang
K :
Menatap perawat dan tersenyum


P :
Tersenyum pada klien




Menunjukkan perhatian pada klien dan rasa senang setelah berinteraksi dengan klien

Menunjukkan rasa senang setelah berinteraksi dengan perawat
Ungkapan rasa senang klien akan semakin membuat klien percaya pada perawat
P :
Mbak I tadi mengatakan kalau Mbak I marah-marah hebat. Bagaimana kalau nanti siang kita berbincang-bincang lagi tentang penyebab  Mbak I marah, tanda gejala dan akibat jika yang ditimbulkan saat mba marah ? Waktu jam 11:00 dan tempat sama disini. Setuju ?

P :
Menatap klien dan berbicara dengan pelan dan jelas

K :
Menatap perawat
Pertanyaan yang disampaikan akan lebih mudah diterima oleh klien




Klien memperhatikan pertanyaan perawat
Kontrak dengan klien akan meningkatkan kepercayaan klien pada perawat
K : Ya
K :
Menatap perawat dan menganggukan kepala

P :
Menatap klien dan bernafas lega




Menunjukkan rasa lega karena klien mau berbincang-bincang lagi dengan perawat



Klien setuju dengan kontrak yang diajukan oleh perawat
Persetujuan yang telah disampaikan klien akan memudahkan perawat dalam berinteraksi dengan klien
P : Terima kasih karena Mbak T sudah mau berbincang-bincang dengan saya. Sampai bertemu nanti siang jam 11:00 disini. Silahkan mbak I kembali keruangan
P :
Menatap klien sambil menjabat tangan klien

K :
Membalas jabatan tangan perawat dan menatap perawat

Mengakhiri pembicaraan dengan bersahabat




Menunjukkan perhatian pada perawat
Ucapan terima kasih pada klien akan meningkatkan kepercayaan klien pada perawat
K :
Ya
K :
Menatap kepergian perawat dan menuju kamar mau tidur

P :
Meninggalkan klien sambil melambaikan tangan




Mengucapkan selamat tinggal pada klien

Klien menerima perpisahan dengan perawat
Jawaban klien menunjukkan keterbukaan klien pada perawat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar